Lebih Dari 3.500 Tiket Pertandingan Iran melawan Kamboja Telah Terjual Kepada Penonton Wanita Iran

Penonton Wanita Iran Yang Berhasil Masuk Ke Stadion 

Iran akhirnya membebaskan kaum wanita memasuki stadion sepak bola pada kamis (10/10/2019), lebih dari 3.500 tiket telah terjual kepada para wanita Iran dalam acara tanding kualifikasi Piala Dunia 2022 Iran melawan Kamboja di stadion Azadi Teheran pada kamis (10/10/2019).

Seorang Pejabat Kementrian Olahraga mengatakan stadion berkapasitas 100.000 yang berarti "kebebasan" di Persia, siap menampung lebih banyak penonton wanita lagi. 

Salah satu dari 3.500 perempuan yang mendapatkan tiket Raha Poorbaksh mengatakan bahwa dirinya sangat senang atas keputusan pemerintah. Wanita yang bekerja sebagai jurnalis olah raga itu menyebut bahwa mimpi dia selama ini kini menjadi kenyataan.

"Setelah bertahun-tahun bekerja di bidang ini, dan hanya bisa menonton di televisi, sekarang saya bisa mengalaminya langsung," 
Ucap Poorbaksh seperti dikutip dari AFP, Kamis (9/10).

Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa Fifa pada bulan lalu memerintahkan Iran untuk mengizinkan  wanita mengakses stadion tanpa batasan , dan jumlah yang ditentukan oleh permintaan tiket.

Perintah Fifa tersebut keluar setelah munculnya kasus Sahar Khodayari atau ramai dijuluki sebagai  blue girl atau gadis biru yang tewas dalam aksi bunuh diri setelah  menghadapi tuduhan tampil di depan umum tanpa hijab ketika dia mencoba memasuki stadion dengan menyamar menjadi seorang pria pada bulan maret lalu.

Fifa akan  benar-benar fokus untuk memastikan  bahwa  wanita dapat  menghadiri pertandingan ini dan bekerja sama dengan Pemerintah Iran untuk memastikan wanita juga dapat menghadiri pertandingan di liga sepak bola lokal.

Delegasi dari badan  pengatur sepak bola dunia akan hadir di pertandingan Iran pada kamis (10/10/2019) untuk mengamati. Fifa berharap momen ini dapat menjadi era baru dalam sepak bola Iran.

Kepala pendidikan dan Tanggung Jawab Fifa Joyce Cook memberi konfirmasi kepada BBC Sport bahwa regulasi ini bukan hanya berlaku untuk pertandingan ini saja tetapi untuk semua pertandingan selanjutnya.


Komentar

Postingan Populer